Sabtu, 12 September 2015

Tsalatsatul Ushul - Muqoddimah 1

بسم الله الرحمن الرحيم

#Penyusun/ Pengarang : Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab
#TTL : 'Uyainah, 1115 Hijriyyah  |  Meninggal : 1206 Hijriyyah

#Sejarah Singkat ( مختصر جدا ) :
 Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab ( الشيخ محمد ابن عبد الوهاب ) -rohimahullah (Semoga Allah merohmatinya)- adalah seorang 'ulama yang menghabiskan waktunya untuk berda'wah di Saudi 'Arobiyyah, beliau da'wah dibantu oleh pemerintah. Oleh sebab itu, da'wah yang dibantu oleh pemerintah tuh sangat kuat. Hingga sekarang ada orang yang nasabnya bersambung dengan beliau, orang yang nasabnya bersambung ke beliau tuh di akhir namanya suka ada " Alu-Syaikh" ( ال الشيخ ) secara bahasa berarti "Keluarga Syaikh".


Tsalatsatul Ushul ( 3 Landasan Pokok ) merupakan kitab pembahasan 'Aqidah yang "ringan" untuk dipelajari oleh mubtadi (orang yang baru ngaji). Kitab ini akan menuntun pelajar untuk mempelajari 3 perkara yang menjadi pertanyaan seseorang di 'Alam Qubur -kecuali sebagian orang saja yang diRahmati oleh Allah 'Azza wa Jalla- , yaitu :

من ربك ؟
من نبيك ؟
من دينك ؟

Siapa Tuhanmu?
Siapa Nabimu?
Apa Agamamu? .

Pelajaran yang ditekankan untuk pertamakali dipelajari adalah 'Aqidah dan Tauhid, karena jika seseorang paham ilmu 'Aqidah dan Tauhid, dia akan mengetahui apasaja pembatal-pembatal keislaman yang dengan sebab mengetahuinya itu dia akan menjauhi pembatal-pembatal keislaman, apa dampak menyekutukan Allah yang dengan sebab mengetahuinya itu dia akan menjauhi kesyirikan, dan sebagainya.

Banyaknya kesesatan dan kerusakan disebabkan karena tidak memperhatikan masalah tauhid atau tauhidnya rusak. Sebab bencana 'alam adalah banyaknya kesyirikan yang berada di muka bumi.

Maka, ilmu Tauhid dan 'Aqidah merupakan ilmu terpenting, keduanya merupakan pondasi awal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar